Thursday, December 13, 2018

MINUM BANYAK AIR MENGURANGI BERAT BADAN

    Banyak minum air dianggap efektif untuk berdiet. Pemikiran bahwa berat badan dapat berkurang hanya dengan minum air mungkin terdengar seperti tipuan, tetapi pemikiran itu mengandung sebagian kebenaran.

 

     Saat anda minum air, saraf2 simpatetik mulai terstimulasi, mengaktifkan metabolisme energi serta meningkatkan konsumsi kalori, dan hasilnya adalah berkurangnya berat badan. 

     Saat anda menstimulasi saraf simpatetik, adrenalin disekresikan. Adrenalin meng aktifkan lipase dalam jaringan lemak yang sensitif terhadap hormon, yang kemudian menguraikan trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol sehingga tubuh menjadi mudah membakar lemak yang tersimpan.






       Ada beberapa laporan yang menunjukkan betapa besar peningkatan konsumsi kalori sebagai akibat minum air. Menurut laporan2 ini, dengan minum sedikit lebih banyak daripada 2 gelas air secara teratur 3x sehari , meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh sebesar 30%. Terlebih lagi , sekitar 30 menit setelah minum air, tingkat pembakaran kalori mencapai puncaknya.


        Dengan kenyataan ini, menjadi jelas bahwa orang2 yang kelebihan lemak sebaiknya membiasakan diri untuk minum jumlah minimal 6,5 gelas air setiap hari.

 
          Dan jenis air apakah yang paling efektif untuk tujuan ini? Air yang suhunya lebih rendah daripada suhu tubuh anda tetapi tidak sedingin es. 


          Menurut hasil experimen, air dingin bersuhu sekitar 21'C akan meningkatkan konsumsi kalori. Air dingin dianggap bagus karena cukup banyak energi di gunakan untuk menghangatkan air tersebut.


Membentuk dan menjaga irama waktu minum sangatlah penting.



*Orang dewasa sebaiknya minum 6-10 gelas air setiap hari.
*Minumlah 1-3 gelas air setelah bangun tidur pada pagi hari.
* Minumlah 2-3 gelas air 30 menit- 1 jam sebelum makan. 


   Penting diingat agar minum sebelum makan dan bukan saat atau setelah makan.


    Karena anda tidak ingin mengencerkan enzim2 pencernaan. Jika harus mendapatkan cairan saat makan, minumlah 1/2 gelas saja. 


Air yang baik adalah air yang tidak mengandung zat zat berbahaya bagi  tubuh manusia,termasuk klorin dan mampu menyingkirkan radikal bebas dengan cara anti oksidasi.






Sumber : the miracle of enzym by Dr Hiromi Shinya MD


No comments:

Post a Comment