Friday, December 14, 2018

MINUM SUSU TERLALU BANYAK MENYEBABKAN OSTEOPOROSIS

     Satu miskonsepsi umum yang terbesar mengenai susu adalah bahwa susu membantu mencegah osteoporosis.


 Oleh karena jumlah kalsium dalam tubuh kita berkurang seiring dengan usia, kita diberitahu untuk minum susu yang banyak untuk mencegah osteoporosis.

 

Namun ini adalah sebuah kesalahan besar. Minum susu terlalu banyak sebenarnya menyebabkan osteoporosis.


 



FAKTA TENTANG SUSU


* Tidak ada makanan lain yang lebih sulit dicerna daripada susu

 

* Kasein, yang membentuk kira-kira 80% dari protein yang terdapat dalam susu, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung , sehingga menjadi sangat sulit dicerna.

 

* Komponen susu yang di jual di toko telah di homogenisasi dan menghasilkan radikal bebas.

 

* Susu yang di pasteurisasi tidak mengandung enzim_enzim yang berharga,lemaknya telah ter oksidasi dan kualitas proteinnya berubah akibat suhu yang tinggi.

 

*Susu yang mengandung banyak zat lemak ter oksidasi , mengacaukan lingkungan dalam usus, meningkatkan jumlah bakteri jahat dan menghancurkan keseimbangan flora bakteri dalam usus.

 

* Jika wanita hamil minum susu, anak-anak mereka cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopik.

 

* Minum susu terlalu banyak sebenarnya meyebabkan osteoporosis.

 


     Pada umumnya dipercaya bahwa kalsium dalam susu lebih mudah diserap daripada kalsium dalam makanan-makanan lain seperti ikan kecil, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar.

        Kadar kalsium dalam darah manusia,biasanya terpatok pada 9-10 mg, namun  saat minum susu, konsentrasi kalsium dalam darah anda tiba2 meningkat. Walaupun sepintas lalu hal ini mungkin terlihat  banyak kalsium telah terserap. 


        Peningkatan kalsium dalam darah ini memiliki sisi buruk. Ketika konsentrasi kalsium dalam darah tiba-tiba meningkat, tubuh berusaha untuk mengembalikan keadaan abnormal ini menjadi normal kembali dengan membuang kalsium dari ginjal melalui urine. 


Dengan kata lain, jika anda mencoba untuk minum susu dengan harapan mendapatkan kalsium, hasilnya sungguh ironis, yaitu menurunnya jumlah kalsium dalam tubuh anda secara keseluruhan.


     Dari empat negara penghasil susu terbesar_ Amerika_Swedia_Denmark dan Finlandia, negara yang banyak sekali mengkonsumsi susu setiap harinya, ditemukan banyak kasus retak tulang panggul dan osteoporosis.


     Sebaliknya, ikan ikan kecil dan rumput laut , yang selama ber abad- abad  dimakan oleh bangsa jepang dan pada awalnya dianggap rendah kalsium ternyata mengandung kalsium yang tidak terlalu cepat diserap dan meningkatkan jumlah konsentrasi kalsium dalam darah. Terlebih lagi , hampir tidak ada kasus osteoporosis di jepang pada masa itu.



sumber : the miracle of enzym by Dr Hiromi shinya MD


No comments:

Post a Comment